Transleted By Untung S. Drazat
Sistem dinamika kontrol pembentuk sistem persarafan pada dasanya merupakan perpaduan dari sel-sel saraf atau neuron yang tersusun sebagai jaringan yang saling kait satu sama lain. Sistem dinamika ini disebut glia. Otak (brain) dan spinal cord merupakan rangkaian utama yang mendasari berjalannya sistem ini. Dari bagian organ ini, jaringan persarafan yang luar biasa ini bisa menjangkau seluruh bagian tubuh.
Otak, sebagai sesuatu yang amat penting dan menakjubkan, adalah suatu bagian tubuh yang jarang dikenal orang strukturnya. Otak itu bewarna abu-abu lembut, dan padu. Bentuk dan ukurannya seperti buah acorn (sejenis buah labu?--penterjemah). Beratnya rata-rata sekitar tiga pon (satu setengah kilogram), panjangnya sekitar tiga inci ( + 7 ½ cm), dan lebar otak tengahnya sekitar satu inci ( + 2 ½ cm), bila diukur dari spinal cord ke atas (Gambar 1). Di sebelah otak tengah ini terletak sekumpulan kecil jaringan saraf, yaitu otak kecil atau cerrebelum. Di luar otak tengah dan cerrebelum tadi adalah cerebrum (jaringan otak utama atau otak kepala).
Selanjutnya . . . .
Di tapak-tapak jejakku kukira tak 'kan mekar padma ungu. Hanya harap dan do'a: Moga hela nafasku, tak rebut udara sesiapa. Moga lirik tatapku, tak risihkan rasa sesiapa. Belum sampai ruku' shalatku, Belum sampai kaki, wudlu-ku . Ku mencoba tuk berbagi. Tepuk bahuku bila keliru....
Jumat, 27 Juni 2008
ARIA WIRATANUDATAR
[Drama musikal oleh anak-anak kelas 5 SD Pantara.
Diangkat dari kisah rakyat Betawi.
Dipentaskan dalam acara KAT 2006,
El-Shaddai, //Lembang Bandung, 26 Juni 2006]
Musik : Tetalu Topeng Betawi
Narator : Cerita Betawi ARIA WIRATANUDATAR
Ini adalah kisah tentang dua orang bersaudara yang sabar dan setia pada
janji. Namanya ARIA Wiratanudatar dan Aria Prabangsa. Hari ini mereka
sedang ada di hutan…
Musik : Pine Forest Repose [track 5:Mountain Sunrise Peacefull]
Aria Wiratanu: (Memanggul kayu bakar)
Aduuh, capek juga nih seharian mengumpulkan kayu di hutan.
Aria Prabangsa: Iya, ya... Bagaimana kalau kita beristirahat dulu di sini?
Aria Wiratanu: Boleh boleh ... Saya juga capek sekali...
Narator : Karena terlalu lelah, mereka pun tertidur.....
Dalam tidurnya mereka berdua bermimpi. Anehnya mimpi keduanya sama.
Mereka didatangi oleh Kakek Berjubah Putih.
Diangkat dari kisah rakyat Betawi.
Dipentaskan dalam acara KAT 2006,
El-Shaddai, //Lembang Bandung, 26 Juni 2006]
Musik : Tetalu Topeng Betawi
Narator : Cerita Betawi ARIA WIRATANUDATAR
Ini adalah kisah tentang dua orang bersaudara yang sabar dan setia pada
janji. Namanya ARIA Wiratanudatar dan Aria Prabangsa. Hari ini mereka
sedang ada di hutan…
Musik : Pine Forest Repose [track 5:Mountain Sunrise Peacefull]
Aria Wiratanu: (Memanggul kayu bakar)
Aduuh, capek juga nih seharian mengumpulkan kayu di hutan.
Aria Prabangsa: Iya, ya... Bagaimana kalau kita beristirahat dulu di sini?
Aria Wiratanu: Boleh boleh ... Saya juga capek sekali...
Narator : Karena terlalu lelah, mereka pun tertidur.....
Dalam tidurnya mereka berdua bermimpi. Anehnya mimpi keduanya sama.
Mereka didatangi oleh Kakek Berjubah Putih.
Rabu, 05 Desember 2007
THE SHOW OFF
A. PERILAKU
Sikap dan perilaku tertentu yang ditunjukkan anak ini di rumah dan di sekolahnya:
- Tampak seperti siswa yang baik.
- Rangkingnya bagus.
- Inginnya semua orang tahu bahwa dirinya cerdas.
- Mencari perhatian dan penghargaan melalui kegiatan kelas dan ulangan.
- Bertindak superior.
- Mendominasi dan meremehkan masukan dari orang lain.
- Menampakkan perilaku kompetitif yang ditempatkannya secara salah, sehingga timbul suasana konfrontatif atau pertentangan.
- Berjuang mati-matian agar bisa diterima dan dapat menjalin hubungan baik.
- Merasa senang apabila teman sekelasnya tidak bisa menjawab soal.
- Mungkin ia amat kreatif.
- Selalu melihat dengan cara yang berbeda kalau melakukan sesuatu.
SEKILAS TENTANG DISLEKSIA
Diterjemahkan oleh Untung S. Drazat
dari artikel di http://mentalhelp.net/factsfam/dyslexia.htm
dari artikel di http://mentalhelp.net/factsfam/dyslexia.htm
Disleksia adalah sejenis kesulitan belajar (learning disability) yang ditandai dengan kesulitan dalam membaca. Beberapa anak disleksia juga berkemungkinan mengalami kesulitan menulis, dan kadang-kadang juga kesulitan berbicara atau berhitung. Kita belum dapat memastikan apa sebenarnya yang menyebabkan anak menjadi disleksia. Yang kita tahu, hal itu amat mempengaruhi anak yang pada dasarnya sehat secara fisik dan emosional, memiliki kemampuan akademis, dan berasal dari lingkungan keluarga yang cukup baik. Sebenarnya, banyak anak disleksia mempunyai potensi untuk berprestasi yang amat luar biasa, kecakapan mental yang tinggi, serta orangtuanya berasal dari kalangan terdidik dan menganggap penting belajar.
Masalah membaca dengan berbagai macam bentuknya merupakan masalah penting bagi para anak sekolah. Adapun, para periset telah menemukan beberapa penyebab masalah tersebut. Dewasa ini, para guru kebanyakan menerima temuan-temuan hasil riset itu untuk kemudian menggunakannya dalam penyusunan program pembelajaran. Namun, ada sebagian kecil anak yang memiliki kesulitan dalam belajar membaca tapi tidak sepenuhnya sesuai dengan hasil temuan tersebut. Anak-anak ini disebut anak disleksia. Walaupun upaya untuk memperkirakan prevalensi anak disleksia merupakan hal yang sulit, beberapa periset memperkirakan bahwa sekitar 15 persen siswa Amerika Serikat diklasifikasikan sebagai anak disleksia.
B. Definisi Disleksia
Selama beberapa tahun, istilah disleksia memiliki beragam definisi, dan dengan alasan tersebut, para guru jadi enggan menggunakan kesemua istilah itu. Bahkan, mereka telah menggunakan istilah seperti “reading disability” (kesulitan membaca) atau learning disability untuk menggambarkan kondisi yang dirasa lebih tepat sebagaimana istilah disleksia.
Selanjutnya . . .
Selasa, 02 Oktober 2007
B E L A J A R
Oleh Ratih Zimmer
Alih Bahasa oleh Untung S. Drazat
SD Pantara Kebayoran Baru, Jakarta
Alih Bahasa oleh Untung S. Drazat
SD Pantara Kebayoran Baru, Jakarta
Makhluk selain manusia semuanya mampu mempelajari keterampilan maupun konsep-konsep, baik di habitat alaminya maupun di laboratorium. Bahkan bakteri yang amat kecil, yang tidak memiliki inteligensi, ternyata mampu melakukan suatu trik di lab. Sedangkan raga/fisik manusia sebenarnya tidak bisa belajar. Mengapa begitu? Kita tidak bisa melakukan kegiatan belajar selama kita tidur, ‘kan? Mengapa? Dalam kondisi tertentu, seseorang bisa saja belajar berjalan di atas bara tanpa kakinya terluka, namun ia tentu saja tidak dapat belajar berjalan di atas air tanpa melakukan suatu latihan tertentu. Jadi, apa saja yang bisa dipelajari dan apa yang tidak?
ANAK ANDA INGIN SELALU DIPUJI?
Oleh Paul Kropp
Alih Bahasa: Untung S Drazat
[dari Readers Digest, Edisi Juli 2000]
Alih Bahasa: Untung S Drazat
[dari Readers Digest, Edisi Juli 2000]
Beberapa tahun yang lalu, saya mengajar seorang anak. Mike namanya. Kedua orangtuanya adalah dokter yang berulang kali menyatakan bahwa Mike tidak bisa lagi meningkatkan kemampuannya. Dan hal itu dinyatakan pula secara langsung kepada Mike sendiri. Mike pun stress lalu menjadi sering tampak gagap dan gugup. Bahkan, saat ia memperoleh nilai ulangan di atas rata-rata ia tetap menampakkan gejala itu.
Selanjutnya . . .
GAYA BELAJAR
Bila pembelajaran tampak sukar …
Ajarkan anak anda gaya pembelajaran yang membuatnya
menjadi mudah!
Oleh
Pat Wyman, M.A.
[Staf Pengajar Bidang Pendidikan di Universitas California, Hayward,
Sonoma State University, Divisi Ekstensi]
Diterjemahkan oleh Untung S. Drazat
Ajarkan anak anda gaya pembelajaran yang membuatnya
menjadi mudah!
Oleh
Pat Wyman, M.A.
[Staf Pengajar Bidang Pendidikan di Universitas California, Hayward,
Sonoma State University, Divisi Ekstensi]
Diterjemahkan oleh Untung S. Drazat
Akibatnya, anak menjadi tak berkembang, kurang percaya diri, tidak naik kelas dan mungkin jadi tidak kerasan bila berada di sekolah. Padahal ada solusinya.
Artikel berikut membahas tentang gaya-gaya belajar yang akan memperjelas bagaimana cara memecahkan “masalah” belajar pada anak atau siswa. Masalah yang mungkin tengah Anda hadapi
Selanjutnya . . . .
Langganan:
Postingan (Atom)

-
Ada dua film tentang anak disleksia. Yang satu made in India, yang lain made in Indonesia. Yang versi India tokoh sentralnya be...
-
Diterjemahkan Untung S. Drazat dari Index buku The Hidden Handicapped, karya Gordon Serfontein, 1993 MASAL AH AUDITORI A. Resepsi Audi...