Rabu, 18 April 2012

HOROR UJIAN NASIONAL DAN TRYOUT-TRYOUT-NYA BELUM BERAKHIR



Naskah ini dimuat dalam catatan Facebook Untung Sudrajat (Untung S. Drazat)
Ditulis sebagai bentuk keprihatinan saya, sebagai praktisi pendidikan atas kebijakan pemerintah mengenai Ujian Nasional (UN). Sebenarnya, tulisan ini difokuskan pada fenomena UN di jenjang sekolah dasar. Tetapi bisa juga diproyeksikan untuk jenjang-jenjang pendidikan di atasnya...

Ujian nasional dan tryout-tryout-nya hadir kembali menjadi horor dan penyiksaan anak-anak sekolah. Inilah keprihatinan tahunan yang tak berubah juga....Benar-benar iba saya mencermati anak-anak kelas 6 yang tampak amat keletihan dalam menempuh tryout jelang ujian nasional. Bayangkan anak-anak sekolah dasar berusia 11-13 tahun ini menjalani tryout 9 kali untuk 3 pelajaran. Alhasil, sebanyak 27 kali tryout harus mereka jalani! Rinciannya: 5 kali tryout hasil kerjasama dengan sebuah penerbit di Jakarta; 1 kali tryout tingkat provinsi; 1 kali tryout tingkat kotamadya; dan 2 kali tryout tingkat kecamatan).

Selasa, 17 April 2012

KETERPADUAN INDERA DALAM BERGERAK

Diterjemahkan oleh Untung S. Drazat dari artikel
di http//www.nsbri.org./HumanPhysSpace/focus7/ep_uniting.html
Proses penginderaan pada beberapa jenis reseptor (saraf penerima) berlangsung secara terpadu dan menghasilkan pengalaman yang amat kompleks. Misalnya kita bisa memperkirakan enak tidaknya suatu jenis makanan hanya dengan mencium aromanya atau hanya dengan melihat bentuknya. Saat Anda memandang keluar jendela kereta yang tengah diam sementara terlihat kereta lain kian menjauh, mungkin Anda merasa bahwa Anda sendirilah yang bergerak. Namun, setelah ada informasi dari reseptor lain, baru Anda yakin bahwa bukan Anda yang bergerak. Kita bisa saja mengalami beberapa sensasi secara berbarengan. Misalnya sensasi sentuhan, rasa panas, tekanan, dan nyeri saat kita mengangkat panci panas dari kompor tanpa menggunakan celemek. Sebagai bahasan pertama, berikut ini akan kita uraikan tentang posisi dan pola-hubungan-ruang (spatial realtionship).

Kamis, 05 April 2012

BAB III BUKU REMEDIAL BAHASA INDONESIA UNTUK ANAK LD (Part 01)

Catatan: Tulisan ini merupakan "bocoran" dari Buku Remedial Bahasa Indonesia
yang diterbitkan Direktorat PPK-LK, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia
atas kerjasama dengan Helen Keller International Indonesia.
Tulisan disusun oleh Tim GPK (Guru Pembimbing Khusus, DKI Jakarta)
©HakCipta tetap berada pada Direktorat PPLK-LK Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan Indonesia dan kerjasama dengan Helen Keller International Indonesia.



A.  Ruang Lingkup Bahasa
Bahasa merupakan sesuatu kemampuan khas manusia. Meskipun beberapa hewan memili­ki semacam sistem komunikasi, namun hanya manusia yang mengem­bang­kannya dalam bentuk bahasa vokal atau verbal/lisan. Beragam pendapat para ahli mengenai pengertian bahasa mengemuka sesuai dengan latar belakang keahlian dan keilmuan masing-masing.

Karena pada dasarnya bahasa yang digunakan manusia adalah lisan, maka bahasa primer/pertama manusia adalah bahasa lisan, yaitu berbicara dan menyimak. Simbol verbal bahasa selanjutnya berkembang menjadi simbol tertulis dan aktivitas berbahasa pun berkembang pula dalam aktivitas bahasa sekunder, yaitu membaca dan menulis. Dengan demikian, bisa dikatakan bahwa bahasa merupakan alat komunikasi manusia yang berupa simbol verbal, bisa dalam bentuk lisan maupun tertulis, dan terwujud dalam empat aktivitas berbahasa yaitu menyimak, berbicara, membaca, dan menulis.